Langsung ke konten utama

Hubungan Antara Klamidia dan Disfungsi Ereksi (DE)

 Klamidia adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menyerang pria dan wanita. Jika tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang serius. Salah satu komplikasi yang dapat disebabkan oleh klamidia adalah disfungsi ereksi (DE). Namun, ini cenderung akibat klamidia yang menginfeksi prostat pria dan menyebabkan prostatitis. Tidak jarang pria dengan prostatitis juga mengalami DE.

Gejala klamidia

Seseorang mungkin menderita klamidia selama berminggu-minggu sebelum terlihat gejala apa pun. Kerusakan dapat terjadi tanpa penderita sadari telah terinfeksi. Wanita khususnya rentan terhadap masalah serius yang berkaitan dengan klamidia. Ketika gejala klamidia benar-benar muncul, seringkali mirip dengan PMS lainnya.

Gejala awal klamidia pada pria meliputi:

  • Keluarnya cairan dari ujung penis
  • Nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Nyeri dan mungkin bengkak di testis

Wanita juga mungkin mengalami rasa sakit saat buang air kecil, serta sakit perut, keputihan, dan pendarahan antar periode. Komplikasi jangka panjang klamidia lebih serius pada wanita daripada pria. Wanita berisiko terkena penyakit radang panggul (PID) jika infeksi klamidia menyebar ke rahim dan saluran tuba. PID dapat membuat beberapa wanita tidak mungkin hamil. PID juga dapat menyebabkan kehamilan ektopik, kondisi yang berpotensi fatal di mana janin berkembang di luar rahim.

Pada pria, klamidia tidak mungkin menghalangi penderita untuk menjadi ayah. Namun, nyeri pada saluran yang membawa sperma dari testis bisa menjadi masalah jangka panjang.

Perawatan Klamidia dan Disfungsi Ereksi (DE)

Klamidia adalah infeksi bakteri yang dapat menyebar melalui hubungan seksual melalui vagina, mulut, atau anal tanpa kondom. Seperti kebanyakan infeksi bakteri, pengobatan utama untuk klamidia adalah pemberian antibiotik. PMS khusus ini dapat diobati. Obat biasanya mampu melumpuhkan infeksi.

Penderita harus meminum antibiotik sesuai resep dokter. Pasangan penderita juga harus dirawat. Ini akan membantu mencegah penyakit menyebar bolak-balik.

Ada mitos umum bahwa menderita klamidia sekali membuat kebal terhadap infeksi untuk kedua kalinya. Ini tidak benar. Penderita dan pasangan perlu minum antibiotik lengkap. Penderita juga harus menahan diri untuk tidak berhubungan seks sampai perawatan selesai.

Baca juga tentang : 6 Penyakit Kelamin Pada Wanita yang Berbahaya

Penyebab Disfungsi Ereksi (DE)

Ilustrsi Disfusi Ereksi

Disfungsi ereksi hanyalah ketidakmampuan untuk memiliki atau mempertahankan ereksi yang membuat hubungan seksual menyenangkan bagi kedua pasangan. Ada banyak kemungkinan penyebabnya.

  • Klamidia

Klamidia dapat menyebabkan prostat terinfeksi. Ini bisa membuat prostat membengkak, membatasi aliran darah ke penis. Klamidia juga dapat menyebabkan nyeri pada testis. Seks mungkin menyakitkan bagi penderita dan pasangan jika keduanya terinfeksi. Rasa sakit, atau kecemasan tentang PMS ini, mungkin membuat penderita sulit terangsang secara seksual.

  • Penyebab psikologis

Beberapa penyebab DE mungkin bersifat psikologis. Otak memainkan peran penting dalam gairah seksual. Kondisi mental atau emosional yang mengganggu kemampuan otak untuk memicu perasaan rangsangan seksual dan mempertahankan perasaan tersebut dapat menyebabkan DE.

Beberapa penyebab psikologis DE yang lebih umum meliputi:

  • Depresi
  • Kegelisahan
  • Menekankan
  • Masalah hubungan
  • Penyebab fisik

Sirkulasi darah yang sehat juga penting untuk mendapatkan dan menjaga ereksi. Kondisi yang memengaruhi kesehatan pembuluh darah dan aliran darah melalui vena dan arteri dapat menyebabkan DE.

Kondisi kesehatan fisik yang mungkin terkait dengan DE adalah:

  • Diabetes
  • Aterosklerosis (arteri menyempit atau tersumbat)
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Masalah tidur
  • Kegemukan
  • Sklerosis ganda
  • Penyakit Parkinson
  • Prostatitis dan perawatan untuk masalah prostat
  • Pilihan gaya hidup dan pengobatan

Merokok, konsumsi alkohol, dan obat-obatan tertentu, seperti antidepresan dan obat tekanan darah tinggi, juga dapat menyebabkan DE.

Kapan sebaiknya menemui dokter

Jika Anda mengetahui pasangan Anda menderita klamidia atau PMS apa pun, Anda harus pergi ke dokter atau klinik dan menjalani tes. Biasanya, tes urine adalah semua yang diperlukan untuk memastikan diagnosis.

Jika Anda memiliki gejala, seperti keluarnya cairan dari penis atau nyeri saat buang air kecil, Anda tidak perlu menunggu untuk menemui dokter. Jika ada cairan, usapan serviks wanita atau uretra pria dapat dilakukan untuk informasi diagnostik tambahan. Menunggu terlalu lama hanya akan memperburuk kesehatan Anda. Klamidia tidak akan sembuh dengan sendirinya.

DE sesekali sering terjadi pada kebanyakan pria. Bahkan pria muda mengalami disfungsi ereksi. Jika episode ini menjadi lebih sering atau Anda tidak dapat menjadi terangsang atau tetap terangsang, temui dokter atau ahli urologi Anda. Seorang ahli urologi adalah spesialis kesehatan seksual pria. Buatlah janji temu dan bersiaplah untuk menjelaskan gejala Anda.

Baca juga tentang : Waspada Penyakit Servisitis Pada Wanita

Tips untuk seks aman

Mencegah serangan klamidia atau PMS lainnya di masa mendatang, serta mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, andalkan kedua pasangan bersikap proaktif tentang seks yang aman. Berikut beberapa tip utama:

  • Kenakan kondom.
  • Hindari kontak seksual dengan siapa pun kecuali pasangan.
  • Jalani tes PMS secara berkala, meskipun Anda berada dalam hubungan monogami.
  • Bicarakan dengan pasangan tentang riwayat seksual mereka, dan terbuka dengannya tentang riwayat seksual Anda.
  • Hindari hubungan seks tanpa kondom dengan seseorang yang kesehatan seksualnya tidak pasti.

Sumber : https://klinikraphael.com/apakah-ada-hubungan-antara-klamidia-dan-disfungsi-ereksi-de/

Klinik Raphael adalah sebuah klinik yang berlokasi di Bekasi. Klinik ini merupakan pusat dari pengobatan kulit dan kelamin yang memiliki keunggulan tempat yang terjaga privasinya dengan biaya berobat yang terjangkau dan memiliki fasilitas yang memadai dalam melakukan praktek ataupun pengobatannya. Klinik Raphael juga membuka pelayanan kesehatan untuk pengobatan penyakit menular seksual untuk pria maupun wanita.

 

Lokasi : Jl. MH. Thamrin No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17520.

 

Jam Operasional :

Senin-Jum’at (09.00-19.00 WIB)
Sabtu (09.00-14.00 WIB)
Minggu (Libur)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Penanganan untuk Mengobati Infeksi Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang mudah ditularkan oleh pasangan dan disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penyakit ini dapat menyebabkan pertumbuhan kutil pada alat kelamin, anus, dan sekitar daerah dubur. Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, dan bahkan dapat menyebabkan perdarahan pada saat melakukan hubungan intim. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi penyakit ini secepat mungkin. Berikut adalah beberapa cara mengatasi penyakit kutil kelamin: Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin Ketika mengalami gejala kutil kelamin , sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan diagnosa dan memberikan penanganan kutil kelamin yang tepat. Penanganan dengan resep penawar Obat seperti krim atau solusi asam salisilat, podofilokos, atau imiquimod dapat digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin. Namun, penggunaan resep penawar ini harus dil

Rekomendasi Dokter Gonore Terdekat di Bekasi

Anda sedang mencari dokter gonore terdekat di bekasi? atau sedang terinfeksi gonore dan ingin melakukan pengobatan gonore yang ampuh? Jawabannya yaitu Dokter Klinik Raphael. Anda sedang membaca informasi yang tepat. Karena kami akan merekomendasikan dokter gonore terbaik di bekasi yang akan membantu mengatasi permasalahan Anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini Rekomendasi dokter gonore terdekat di daerah cikarang dan bekasi bisa Anda cari alamatnya di google maps dengan kata kunci Klinik Raphael. Klinik kelamin ini sudah lama menangani pasien dengan kasus penyakit gonore atau kencing nanah juga penyakit kelamin lainnya seperti kutil kelamin, sifilis, disfungsi ereksi dan sebagainya. Alamat Klinik Raphael yaitu terletak di Jl. M.H Thamrin, Ruko Roxy Lippo Blok. B No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan, Kab Bekasi. Klinik Raphael memang salah satu klinik umum yang juga menangani permasalahan pengobatan penyakit kelamin seperti kencing nanah, sifilis kutil kelamin dan lain sebagainya. Ala

8 Penyebab Luka Seperti Sariawan di daerah Kewanitaan

Sariawan terhadap vagina bukan selalu disebabkan gara-gara infeksi dari bakteri penyakit menular seksual tetapi dapat saja karena infeksi fungi atau parasit atau yang lainnya. Pernahkan kamu mendengar perihal sariawan terhadap vagina, atau kamu semata-mata tau sariawan terhadap mulut atau bibir. Secara generik sariawan berjalan ketika permukaan mukosa mengalami peradangan, baik tersebut terhadap mulut, bibir atau terhadap vagina. Meskipun sariawan terhadap vagina bukan terlampau berbahaya, tetapi terhadap masalah eksklusif sanggup menimbulkan kekhawatiran bagi segudang wanita. Oleh dikarenakan tersebut mari kami bahas tentang kasus ini sehingga para wanita lebih tau dan apa penyebab, gejala dan bagaimana cara pengobatannya. Apa penyebab sariawan terhadap vagina ? Sariawan biasanya ditandai bersama dengan adanya lesi kemerahan disertai rasa sakit yang mampu mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk penyebab sariawan terhadap vagina ini sanggup dilihat berasal dari sebagian infeksi atau pen