Langsung ke konten utama

Tinea Pedis – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

 

Tinea Pedis merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi jamur pada kaki. Biasanya, infeksi jamur ini bisa terjadi akibat kaki yang sering berkeringat dan menyebabkan gatal-gatal.

Penyakit yang biasa disebut kutu air ini bisa menular melalui berbagai media, seperti lantai, handuk, atau pakaian yang telah terkontaminasi oleh jamur pemicunya. 

Telepon & Whatsapp : 0813-9625-4650

Penyebab Tinea Pedis

Tinea pedis disebabkan oleh sekelompok jamur yang tumbuh di kaki. Ada beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit tinea pedis seperti trichophyton rubrumT. Interdigitale, dan epidermophyton floccosum.  Jamur ini biasa berkembang dan tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap.

Tanda dan Gejala Tinea Pedis

Berikut merupakan beberapa tanda dan gejala yang sering dialami penderita Tinea Pedis.

  • Adanya rasa gatal, sensasi panas atau terbakar di sela-sela jari atau telapak kaki.
  • Kulit mengelupas dan pecah-pecah.
  • Kulit yang kering.
  • Kuku kaki berubah warna, serta menjadi tebal dan rapuh.

Diagnosis Tinea Pedis

Untuk dapat mendiagnosis penyakit ini, dokter akan melihat kondisi kulit yang terinfeksi. Selanjutnya, biasanya dokter akan mengambil sedikit sampel jaringan kulit untuk dilihat di bawah mikroskop dan dicek lab. Dengan ini, penyebab infeksi bisa diketahui.

Telepon & Whatsapp : 0813-9625-4650

Pencegahan Tinea Pedis

Adapun beberapa cara untuk mencegah terjadinya Tinea Pedis, yaitu :

  • Jagalah kebersihan kaki
  • Gantilah kaos kaki sesering mungkin, terutama ketika sering berkeringat.
  • Gunakan sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Kenakan sandal atau alas kaki lainnya saat berada di sekitar kolam renang, kamar mandi umum, dan tempat-tempat lembap lainnya.
  • Segera keringkan kaki setelah terkena air.
  • Jangan menggaruk kulit yang terkena infeksi jamur atau saat terasa gatal.
  • Hindari berbagi barang pribadi, seperti handuk, kaos kaki, atau sepatu dengan orang lain.

Pengobatan Tinea Pedis

Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan infeksi serta mencegah penyebaran dan kekambuhan infeksi. Akan tetapi perlu diingat, bahwa pengobatan untuk infeksi jamur umumnya membutuhkan waktu hingga beberapa minggu.

Telepon & Whatsapp : 0813-9625-4650

Tinea pedis dapat ditangani dengan obat antijamur sesuai dengan resep obat yang diberikan. Obat ini dapat berupa salep, gel, semprotan, atau oral.

Jenis obat, dosis, dan cara penggunaan akan disesuaikan dengan kondisi dan tingkat keparahan kutu air yang dialami. Umumnya, dokter akan memulai pengobatan dengan obat salep. Jika tidak ada perbaikan dengan cara ini, pengobatan bisa dilanjutkan dengan pemberian obat antijamur oral.

Perlu diingat kembali, bahwa pengobatan perlu terus dilakukan sampai tuntas. Jangan menghentikan pengobatan secara sembarangan meski keluhan yang dirasakan telah membaik.

Source : https://klinikraphael.com/tinea-pedis-penyebab-gejala-dan-pengobatan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Penanganan untuk Mengobati Infeksi Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang mudah ditularkan oleh pasangan dan disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penyakit ini dapat menyebabkan pertumbuhan kutil pada alat kelamin, anus, dan sekitar daerah dubur. Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, dan bahkan dapat menyebabkan perdarahan pada saat melakukan hubungan intim. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi penyakit ini secepat mungkin. Berikut adalah beberapa cara mengatasi penyakit kutil kelamin: Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin Ketika mengalami gejala kutil kelamin , sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan diagnosa dan memberikan penanganan kutil kelamin yang tepat. Penanganan dengan resep penawar Obat seperti krim atau solusi asam salisilat, podofilokos, atau imiquimod dapat digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin. Namun, penggunaan resep penawar ini harus dil

Rekomendasi Dokter Gonore Terdekat di Bekasi

Anda sedang mencari dokter gonore terdekat di bekasi? atau sedang terinfeksi gonore dan ingin melakukan pengobatan gonore yang ampuh? Jawabannya yaitu Dokter Klinik Raphael. Anda sedang membaca informasi yang tepat. Karena kami akan merekomendasikan dokter gonore terbaik di bekasi yang akan membantu mengatasi permasalahan Anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini Rekomendasi dokter gonore terdekat di daerah cikarang dan bekasi bisa Anda cari alamatnya di google maps dengan kata kunci Klinik Raphael. Klinik kelamin ini sudah lama menangani pasien dengan kasus penyakit gonore atau kencing nanah juga penyakit kelamin lainnya seperti kutil kelamin, sifilis, disfungsi ereksi dan sebagainya. Alamat Klinik Raphael yaitu terletak di Jl. M.H Thamrin, Ruko Roxy Lippo Blok. B No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan, Kab Bekasi. Klinik Raphael memang salah satu klinik umum yang juga menangani permasalahan pengobatan penyakit kelamin seperti kencing nanah, sifilis kutil kelamin dan lain sebagainya. Ala

8 Penyebab Luka Seperti Sariawan di daerah Kewanitaan

Sariawan terhadap vagina bukan selalu disebabkan gara-gara infeksi dari bakteri penyakit menular seksual tetapi dapat saja karena infeksi fungi atau parasit atau yang lainnya. Pernahkan kamu mendengar perihal sariawan terhadap vagina, atau kamu semata-mata tau sariawan terhadap mulut atau bibir. Secara generik sariawan berjalan ketika permukaan mukosa mengalami peradangan, baik tersebut terhadap mulut, bibir atau terhadap vagina. Meskipun sariawan terhadap vagina bukan terlampau berbahaya, tetapi terhadap masalah eksklusif sanggup menimbulkan kekhawatiran bagi segudang wanita. Oleh dikarenakan tersebut mari kami bahas tentang kasus ini sehingga para wanita lebih tau dan apa penyebab, gejala dan bagaimana cara pengobatannya. Apa penyebab sariawan terhadap vagina ? Sariawan biasanya ditandai bersama dengan adanya lesi kemerahan disertai rasa sakit yang mampu mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk penyebab sariawan terhadap vagina ini sanggup dilihat berasal dari sebagian infeksi atau pen