Langsung ke konten utama

Mengapa wanita mengalami keputihan? Berikut Penyebab dan Gejalanya

Wanita sering mengalami keputihan, juga dikenal sebagai leukorrhea, yang merupakan sekresi sel dan cairan yang terus menerus. Siklus keputihan ini dapat menunjukkan bahwa tubuh wanita berfungsi secara teratur dalam upayanya untuk mengganti sel-sel yang aus dengan yang baru.

Infeksi virus dan ketidaknyamanan dapat dihindari dengan menggunakan keputihan sebagai pelumas vagina, pelembab, dan menjaga kesehatan vagina.

Karena jenis keputihan ini merupakan gejala dari masalah kesehatan vagina, maka sebenarnya keputihan yang menyimpanglah yang paling mengkhawatirkan wanita. Rasa gatal, tidak nyaman, dan terbakar dari keputihan atipikal juga terlihat pada warna, aroma, dan tekstur lendir.

Mengapa wanita mengalami keputihan?

Merupakan proses alami bagi vagina untuk membersihkan diri saat terjadi keputihan. Rangsangan seksual, menyusui, stres, atau perubahan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan keluarnya cairan ini.

Biasanya memiliki bau yang tidak sedap, yang menandakan bahwa ada masalah kesehatan pada vagina, ketika keputihan ini berubah menjadi tidak normal. Infeksi virus seperti vaginosis bakteri, infeksi jamur, atau penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, dan trikomoniasis semuanya dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Gejala keputihan normal dan tidak normal

Tanda dan gejala berikut merupakan indikasi keputihan normal:

  1. Lendir tidak memiliki bau, apakah itu tidak menyenangkan atau air
  2. Susu putih atau lendir bening
  3. Lengket, licin, dan terkadang terlalu encer
  4. Banyak lendir yang keluar
  5. Antara siklus menstruasi atau selama ovulasi, ada keputihan.

Gejala-gejala berikut ini terdaftar sebagai gejala keputihan yang tidak normal (abnormal):

  1. Lendir berwarna kekuningan, kehijauan, keabu-abuan, atau kemerahan.
  2. Lendir memiliki bau busuk, amis, atau tidak menyenangkan.
  3. Keluarnya lendir ditambah dengan ketidaknyamanan
  4. Vagina mulai terasa terbakar atau gatal.
  5. Pendarahan setelah atau selama hubungan seksual, serta selama menstruasi
  6. Sakit saat buang air kecil atau disuria

Pengobatan untuk keputihan abnormal

Tergantung pada penyebabnya, keputihan abnormal dapat diobati, tetapi prosedur standar meliputi:

  1. Obat antijamur digunakan dalam bentuk krim, salep, pil, dan supositoria tergantung pada tingkat keparahan dan frekuensi infeksi.
  2. Antibiotik sering digunakan dalam situasi di mana ada keputihan abnormal yang persisten.

Bagaimana bertindak dengan cara yang menormalkan keputihan

  1. Jaga kesehatan alat kelaminmu
  2. Penggunaan pembersih vagina dengan zat tertentu tidak disarankan.
  3. Untuk mencegah kuman di anus menyebar ke vagina, cucilah dari vagina ke anus.
  4. Kenakan pakaian dalam yang lembut yang dapat dengan cepat menghilangkan keringat.
  5. Gunakan kondom saat berhubungan seks
  6. Gunakan sabun yang tidak akan mempengaruhi keseimbangan pH (keasaman) bakteri di vagina.

Chat WhatsappTelepon SelulerForm Reservasi Online
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria


Klinik raphael menjadi pelayanan kesehatan di cikarang yang menangani berbagai macam penyakit kelamin pada pria maupun wanita. Klinik kami memiliki izin operasional dan ditangani oleh dokter yang telah profesional. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Penanganan untuk Mengobati Infeksi Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang mudah ditularkan oleh pasangan dan disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penyakit ini dapat menyebabkan pertumbuhan kutil pada alat kelamin, anus, dan sekitar daerah dubur. Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, dan bahkan dapat menyebabkan perdarahan pada saat melakukan hubungan intim. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi penyakit ini secepat mungkin. Berikut adalah beberapa cara mengatasi penyakit kutil kelamin: Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin Ketika mengalami gejala kutil kelamin , sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan diagnosa dan memberikan penanganan kutil kelamin yang tepat. Penanganan dengan resep penawar Obat seperti krim atau solusi asam salisilat, podofilokos, atau imiquimod dapat digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin. Namun, penggunaan resep penawar ini harus dil

Rekomendasi Dokter Gonore Terdekat di Bekasi

Anda sedang mencari dokter gonore terdekat di bekasi? atau sedang terinfeksi gonore dan ingin melakukan pengobatan gonore yang ampuh? Jawabannya yaitu Dokter Klinik Raphael. Anda sedang membaca informasi yang tepat. Karena kami akan merekomendasikan dokter gonore terbaik di bekasi yang akan membantu mengatasi permasalahan Anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini Rekomendasi dokter gonore terdekat di daerah cikarang dan bekasi bisa Anda cari alamatnya di google maps dengan kata kunci Klinik Raphael. Klinik kelamin ini sudah lama menangani pasien dengan kasus penyakit gonore atau kencing nanah juga penyakit kelamin lainnya seperti kutil kelamin, sifilis, disfungsi ereksi dan sebagainya. Alamat Klinik Raphael yaitu terletak di Jl. M.H Thamrin, Ruko Roxy Lippo Blok. B No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan, Kab Bekasi. Klinik Raphael memang salah satu klinik umum yang juga menangani permasalahan pengobatan penyakit kelamin seperti kencing nanah, sifilis kutil kelamin dan lain sebagainya. Ala

8 Penyebab Luka Seperti Sariawan di daerah Kewanitaan

Sariawan terhadap vagina bukan selalu disebabkan gara-gara infeksi dari bakteri penyakit menular seksual tetapi dapat saja karena infeksi fungi atau parasit atau yang lainnya. Pernahkan kamu mendengar perihal sariawan terhadap vagina, atau kamu semata-mata tau sariawan terhadap mulut atau bibir. Secara generik sariawan berjalan ketika permukaan mukosa mengalami peradangan, baik tersebut terhadap mulut, bibir atau terhadap vagina. Meskipun sariawan terhadap vagina bukan terlampau berbahaya, tetapi terhadap masalah eksklusif sanggup menimbulkan kekhawatiran bagi segudang wanita. Oleh dikarenakan tersebut mari kami bahas tentang kasus ini sehingga para wanita lebih tau dan apa penyebab, gejala dan bagaimana cara pengobatannya. Apa penyebab sariawan terhadap vagina ? Sariawan biasanya ditandai bersama dengan adanya lesi kemerahan disertai rasa sakit yang mampu mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk penyebab sariawan terhadap vagina ini sanggup dilihat berasal dari sebagian infeksi atau pen