Langsung ke konten utama

Pengertian Penyakit Sifilis (Raja Singa) dan Tahapan Gejalanya

infeksi sifilis

Treponema pallidum (T. pallidum), bakteri yang ditularkan melalui aktivitas seksual, adalah penyebab penyakit menular seksual (PMS) yang dikenal sebagai infeksi sifilis. Bakteri ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi mulut, kulit, alat kelamin, dan sistem saraf seseorang.

Banyak infeksi dan infeksi sifilis secara kolektif disebut sebagai "raja singa" oleh masyarakat umum. Sadarilah bahwa sifilis dapat menyebabkan cacat fisik (guma) dan infeksi di otak (neurosifilis).

Sifilis merupakan penyumbang yang signifikan terhadap mortalitas dan morbiditas perinatal di banyak negara. Terlepas dari kenyataan bahwa sifilis dapat diobati dengan metode berteknologi rendah, tampaknya menjadi masalah kesehatan masyarakat yang meluas.

Dapatkan bantuan sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan permanen. Masalah kesehatan yang serius dengan tubuh, jantung, dan otak akan terjadi jika infeksi memburuk.

Bakteri ini pertama kali menyebabkan luka di mulut, rektum, atau daerah genital pada awal infeksi. Sifilis juga dapat menyebar melalui selaput lendir (mukosa) atau kontak dengan luka kulit terbuka selain kontak seksual.

Bakteri penyebab sifilis T. pallidum dapat tetap tidak aktif dalam tubuh seseorang selama beberapa dekade sebelum menjadi aktif sekali lagi.

Bagaimana penyakit sipilis menular?

Treponema pallidum (T. pallidum) adalah bakteri yang dapat menginfeksi Anda jika Anda melakukan kontak seksual dengan seseorang yang menderita sifilis. Ada kemungkinan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka kulit atau selaput lendir.

Mengutip pernyataan di laman healthline.com bahwa bakteri ini tidak dapat ditularkan melalui pakaian, peralatan makan, atau toilet karena bakteri penyebab sifilis tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia. Infeksi ada pada tahap laten awal serta tahap transmisi primer dan sekunder.

Gejala penyakit sipilis

Beberapa orang yang memiliki infeksi raja singa ini tidak menunjukkan gejala. Tetapi setiap tahap sifilis biasanya memiliki sejumlah gejala. Orang dewasa mengalami gejala infeksi yang berbeda pada tahap yang berbeda. Gejala yang sama terkadang dapat muncul pada setiap tahap tanpa obat. Sumbernya kami kutip dari siha.kemkes.go.id, yang terangkum dalam gambar di bawah ini.

Stadium penyakit sipilis

Dengan gejala pada setiap stadium, tahapan gejala sipilis dapat berkembang secara bertahap. Ada kemungkinan bahwa gejala tidak muncul dalam urutan tertentu melainkan sama pada setiap tahap. Selain itu, beberapa infeksi sifilis tidak menimbulkan gejala sama sekali. Tanda-tanda infeksi sifilis atau raja singa yang lebih serius bervariasi tergantung pada stadiumnya:

Premier

Satu atau lebih luka, biasanya bulat, lunak, dan tidak nyeri, mulai muncul. Beberapa korban cedera ini tidak merasakan sakit sama sekali. Dia akibatnya menganggap itu adalah luka biasa dan mengabaikannya. Pada kenyataannya, luka adalah tanda sifilis, bukan sebaliknya.

Kulit pada anus, alat kelamin, dan mulut biasanya merupakan tempat munculnya luka sifilis. Luka terkait sifilis dapat berkembang di dalam vagina pada wanita. Luka primer dari sifilis akan hilang dalam 3 sampai 6 minggu. Anda tetap perlu diperiksa dan diobati meskipun lukanya hilang dengan sendirinya. Tujuannya adalah untuk menghentikan luka agar tidak memburuk dan gejalanya bahkan berpindah ke tahap sekunder.

Chat WhatsappTelepon SelulerForm Reservasi Online
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria

Sekunder

Luka yang muncul di bagian kulit mana pun adalah salah satu tahap akhir dari penyakit sifilis primer. Ruam ini berkembang dalam beberapa minggu setelah luka stadium primer sembuh atau hilang. ruam yang biasanya memiliki bintik-bintik kasar dan berwarna merah atau coklat kemerahan. Biasanya terjadi pada kulit tangan, kaki, dan telapak tangan. Karena ruam ini mungkin tidak membuat orang gatal, itu sering dianggap sebagai tanda gatal yang khas.

Bahkan pada titik ini, jika Anda tidak menerima pengobatan, gejalanya bisa hilang dengan sendirinya. Yang perlu Anda pahami adalah bahwa gejala sipilis sekunder pada tahap ini bisa kambuh. Jika belum dilakukan pemeriksaan pada stadium sekunder ini, kemungkinan gejala akan berlanjut ke stadium tersier atau laten.

Ingatlah bahwa Anda masih dapat menyebarkan infeksi sifilis ke orang lain bahkan jika gejala pada tahap sekunder ini hilang atau berhenti. Berikut ini adalah beberapa gejala tahap sekunder:

  1. Rambut rontok
  2. Sakit otot dan sakit kepala
  3. Kehilangan berat badan
  4. Selain itu, Anda bisa merasakan pembengkakan kelenjar getah bening
  5. Tenggorokan tidak enak
  6. Demam atau kelelahan

Sifilis laten mengacu pada jangka waktu di mana tidak ada gejala atau tanda yang nyata. Bakteri penyebab sifilis tetap ada di dalam tubuh meski tidak ada gejala. Pada tahap laten ini, satu-satunya cara untuk mendiagnosis infeksi sifilis adalah melalui tes darah.

Jika Anda mengalami gejala sekarang, dapatkan pengobatan untuk penyakit sipilis segera. Tahapan perkembangan akan berkembang menjadi stadium tersier jika tidak segera ditangani. Dari gejala sifilis tahap awal, tahap tersier ini yang paling berbahaya.

Tersier

Antara 10 dan 30 tahun berlalu setelah bakteri sifilis pertama kali terpapar sebelum tahap tersier ini muncul. Jika tahap tersier ini terjadi, organ akan mengalami kerusakan jangka panjang. Organ-organ berikut dirugikan oleh sifilis:

  1. Sistem saraf
  2. Sembuluh darah
  3. Otak
  4. Jantung

Seseorang yang terkena infeksi sifilis akan mengalami penyakit jantung atau stroke jika organ-organ tersebut mengalami kerusakan. Akibatnya, jika perawatan medis untuk sifilis tidak segera dimulai, itu menjadi sangat berbahaya dan bahkan fatal.

Tanda dan gejala terkait sifilis di otak dan mata

Terlepas dari kenyataan bahwa gejala sifilis kadang-kadang bisa hilang atau disalahartikan sebagai penyakit umum lainnya. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda telah diberitahu bahwa Anda menderita sifilis. Ini dapat mengakibatkan komplikasi yang lebih serius, seperti infeksi otak dan mata, jika gejala Anda menetap dan infeksi berlanjut di tubuh Anda.

Ketika komplikasi sifilis mempengaruhi otak, neurosifilis dapat berkembang. Sifilis okuler adalah sebutan untuk bentuk sifilis yang menyerang organ mata. Berikut adalah beberapa tanda neurosifilis, khususnya:

  1. Mati rasa
  2. Sakit kepala parah
  3. Bagian tubuh tertentu lumpuh
  4. Koordinasi dan kontrol gerakan otot sulit

Mengenai tanda-tanda sifilis okular, suatu bentuk sifilis yang mempengaruhi mata, Anda kehilangan kemampuan untuk melihat hingga menjadi buta.

Kapan saya harus mengunjungi dokter?

Anda tertarik untuk mempelajari cara menjaga diri dari sifilis, infeksi menular seksual. Atau jika ada ruam, keluarnya cairan yang tidak biasa, dan nyeri, terutama jika muncul di daerah selangkangan. Hubungi Klinik Raphael segera dengan menghubungi 0813-9625-4650 atau 0857-7077-3681.

Informasi pribadi Anda dijamin akan tetap terjaga kerahasiaannya karena Anda hanya menggunakannya untuk melakukan reservasi perawatan.

Klinik Raphael Cikarang merupakan klinik pengobatan kencing nanah atau gonore dengan harga terjangkau dan penyembuhan selain bisa mengobati penyakit sipilis.

Chat WhatsappTelepon SelulerForm Reservasi Online
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria
hati-hati 3 ciri-ciri impotensi pada pria

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Penanganan untuk Mengobati Infeksi Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang mudah ditularkan oleh pasangan dan disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penyakit ini dapat menyebabkan pertumbuhan kutil pada alat kelamin, anus, dan sekitar daerah dubur. Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, dan bahkan dapat menyebabkan perdarahan pada saat melakukan hubungan intim. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi penyakit ini secepat mungkin. Berikut adalah beberapa cara mengatasi penyakit kutil kelamin: Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin Ketika mengalami gejala kutil kelamin , sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan diagnosa dan memberikan penanganan kutil kelamin yang tepat. Penanganan dengan resep penawar Obat seperti krim atau solusi asam salisilat, podofilokos, atau imiquimod dapat digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin. Namun, penggunaan resep penawar ini harus dil

Rekomendasi Dokter Gonore Terdekat di Bekasi

Anda sedang mencari dokter gonore terdekat di bekasi? atau sedang terinfeksi gonore dan ingin melakukan pengobatan gonore yang ampuh? Jawabannya yaitu Dokter Klinik Raphael. Anda sedang membaca informasi yang tepat. Karena kami akan merekomendasikan dokter gonore terbaik di bekasi yang akan membantu mengatasi permasalahan Anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini Rekomendasi dokter gonore terdekat di daerah cikarang dan bekasi bisa Anda cari alamatnya di google maps dengan kata kunci Klinik Raphael. Klinik kelamin ini sudah lama menangani pasien dengan kasus penyakit gonore atau kencing nanah juga penyakit kelamin lainnya seperti kutil kelamin, sifilis, disfungsi ereksi dan sebagainya. Alamat Klinik Raphael yaitu terletak di Jl. M.H Thamrin, Ruko Roxy Lippo Blok. B No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan, Kab Bekasi. Klinik Raphael memang salah satu klinik umum yang juga menangani permasalahan pengobatan penyakit kelamin seperti kencing nanah, sifilis kutil kelamin dan lain sebagainya. Ala

8 Penyebab Luka Seperti Sariawan di daerah Kewanitaan

Sariawan terhadap vagina bukan selalu disebabkan gara-gara infeksi dari bakteri penyakit menular seksual tetapi dapat saja karena infeksi fungi atau parasit atau yang lainnya. Pernahkan kamu mendengar perihal sariawan terhadap vagina, atau kamu semata-mata tau sariawan terhadap mulut atau bibir. Secara generik sariawan berjalan ketika permukaan mukosa mengalami peradangan, baik tersebut terhadap mulut, bibir atau terhadap vagina. Meskipun sariawan terhadap vagina bukan terlampau berbahaya, tetapi terhadap masalah eksklusif sanggup menimbulkan kekhawatiran bagi segudang wanita. Oleh dikarenakan tersebut mari kami bahas tentang kasus ini sehingga para wanita lebih tau dan apa penyebab, gejala dan bagaimana cara pengobatannya. Apa penyebab sariawan terhadap vagina ? Sariawan biasanya ditandai bersama dengan adanya lesi kemerahan disertai rasa sakit yang mampu mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk penyebab sariawan terhadap vagina ini sanggup dilihat berasal dari sebagian infeksi atau pen