Langsung ke konten utama

2 Faktor Penyebab Pria Mengalami Hipogonadisme

hipogonadisme

Hipogonadisme dapat terjadi dikarenakan adanya gangguan pada kelenjar seks, baik itu pada pria ataupun wanita. Kondisi ini dapat menyebabkan kelenjar seks di tubuh hanya dapat memproduksi sedikit atau tidak sama sekali menghasilkan hormon. Hormon seks sendiri memiliki perang yang penting, bukan hanya terkait seksualitas tetapi juga kondisi tubuh secara menyeluruh.

Pada pria, kelenjar ini terletak pada testis sedangkan pada wanita terletak pada indung telur (ovarium). Hormon seks pada wanita memiliki fungsi sebagai mendukung perkembangan payudara serta juga mengatur siklus menstruasi. Sementara itu pada pria, hormon ini berfungsi sebagai menunjang pertumbuhan testis serta juga produksi sperma.

Penyebab dan Jenis Hipogonadisme

Penyebab hipogonadisme dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu hipogonadisme primer dan juga sekunder. Berikut ini merupakan perbedaannya:

1.       Hipogonadisme primer

Hipogonadisme primer ini terjadi diakibatkan adanya masalah pada kelenjar gonad atau kelenjar seks. Kelenjar tersebut umumnya sudah mendapatkan sinyal perintah dari otak untuk memproduksi hormon seks, tetapi kelenjar tersebut tidak dapat untuk memproduksinya. Berikut ini penyebab dari hipogonadisme primer, antara lain:

  1. Hemokromatosis (terlalu banyaknya zat besi pada tubuh)
  2. Adanya infeksi yang serius
  3. Kelainan genetik
  4. Operasi pada organ seksual
  5. Penyakit autoimun
  6. Penyakit hati dan juga ginjal
  7. Radiasi
  8. Testis tidak turun

2.       Hipogonadisme sekunder

Hipogonadisme sekunder dapat terjadi diakibatkan adanya masalah pada otak. Kesalahan ini terdapat pada hipotalamus dan juga kelenjar pituitary yang mengendalikan kerja kelenjar gonad. Penyebab dari hipogonadisme sekunder, diantaranya :

  1. Defisiensi nutrisi
  2. Gangguan kelenjar pituitary
  3. Penderita HIV/AIDS
  4. Kecelakaan pada kelenjar pituitari ataupun hipotalamus
  5. Kelenjar genetik, seperti sindrom Kallmann yaitu ketika hipotalamus tidak dapat berkembang secara normal.
  6. Obesitas
  7. Operasi otak
  8. Pengunaan obat-obatan tertentu yang menekan sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang
  9. Penurunan berat badan yang drastis
  10. Adanya tumor dekat kelenjar pituitari

Tanda dan Gejala Hipogonadisme

Tanda gejala yang biasanya muncul pada pria, antara lain:

  1. Impotensi
  2. Kurangnya gairah seksual
  3. Kehilangan massa otot
  4. Osteoporosis

Sedangkan gejala yang dapat muncul pada wanita, antara lain:

  1. Badan terasa panas
  2. Siklus menstuari yang tidak teratur
  3. Menurunnya gairah seksual
  4. Terhambatnya pertumbuhan payudara
  5. Perubahan energi tubuh dan juga suasana hati

Diagnosis Hipogonadisme

Diagnosis akan ditegakkan dengan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang, seperti:

  1. Pemeriksaan sperma pada pria
  2. Pemeriksaan darah
  3. Pemeriksaan kadar zat besi
  4. Pemeriksaan kadar hormon prolaktin
  5. Pemeriksaan hormon tiroid
  6. Pemeriksaan  genetik
  7. USG, untuk mengetahui adanya gangguan pada indung telur seperti kista ovarium
  8. CT scan ataupun MRI guna untuk memeriksa kemungkinan adanya tumor pada kelenjar hipofisis.

Sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter kelamin terbaik apabila memili gejala yang telah disebutkan diatas. Hal tersebut dilakukan guna untuk mendapatkan penangan yang tepat dan juga cepat sebelum terjadinya komplikasi yang lebih serius.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Penanganan untuk Mengobati Infeksi Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang mudah ditularkan oleh pasangan dan disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penyakit ini dapat menyebabkan pertumbuhan kutil pada alat kelamin, anus, dan sekitar daerah dubur. Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal, dan bahkan dapat menyebabkan perdarahan pada saat melakukan hubungan intim. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi penyakit ini secepat mungkin. Berikut adalah beberapa cara mengatasi penyakit kutil kelamin: Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin Ketika mengalami gejala kutil kelamin , sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan diagnosa dan memberikan penanganan kutil kelamin yang tepat. Penanganan dengan resep penawar Obat seperti krim atau solusi asam salisilat, podofilokos, atau imiquimod dapat digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin. Namun, penggunaan resep penawar ini harus dil

Rekomendasi Dokter Gonore Terdekat di Bekasi

Anda sedang mencari dokter gonore terdekat di bekasi? atau sedang terinfeksi gonore dan ingin melakukan pengobatan gonore yang ampuh? Jawabannya yaitu Dokter Klinik Raphael. Anda sedang membaca informasi yang tepat. Karena kami akan merekomendasikan dokter gonore terbaik di bekasi yang akan membantu mengatasi permasalahan Anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini Rekomendasi dokter gonore terdekat di daerah cikarang dan bekasi bisa Anda cari alamatnya di google maps dengan kata kunci Klinik Raphael. Klinik kelamin ini sudah lama menangani pasien dengan kasus penyakit gonore atau kencing nanah juga penyakit kelamin lainnya seperti kutil kelamin, sifilis, disfungsi ereksi dan sebagainya. Alamat Klinik Raphael yaitu terletak di Jl. M.H Thamrin, Ruko Roxy Lippo Blok. B No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan, Kab Bekasi. Klinik Raphael memang salah satu klinik umum yang juga menangani permasalahan pengobatan penyakit kelamin seperti kencing nanah, sifilis kutil kelamin dan lain sebagainya. Ala

8 Penyebab Luka Seperti Sariawan di daerah Kewanitaan

Sariawan terhadap vagina bukan selalu disebabkan gara-gara infeksi dari bakteri penyakit menular seksual tetapi dapat saja karena infeksi fungi atau parasit atau yang lainnya. Pernahkan kamu mendengar perihal sariawan terhadap vagina, atau kamu semata-mata tau sariawan terhadap mulut atau bibir. Secara generik sariawan berjalan ketika permukaan mukosa mengalami peradangan, baik tersebut terhadap mulut, bibir atau terhadap vagina. Meskipun sariawan terhadap vagina bukan terlampau berbahaya, tetapi terhadap masalah eksklusif sanggup menimbulkan kekhawatiran bagi segudang wanita. Oleh dikarenakan tersebut mari kami bahas tentang kasus ini sehingga para wanita lebih tau dan apa penyebab, gejala dan bagaimana cara pengobatannya. Apa penyebab sariawan terhadap vagina ? Sariawan biasanya ditandai bersama dengan adanya lesi kemerahan disertai rasa sakit yang mampu mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk penyebab sariawan terhadap vagina ini sanggup dilihat berasal dari sebagian infeksi atau pen